Analisis Materi Pembelajaran
Pendidikan Agama Buddha
Kelas XII Semester Ganjil
Standar
Kompetensi
2. Mengenal
Buddha, Arahat, dan Bodhisattva
Kompetensi Dasar
2.3 Mendeskripsikan konsep Buddha,
Bodhisattva, dan Manusia Buddha
A. Materi
Pembelajaran Fakta
Ø Buddha pada masa sekarang adalah Buddha Sakyamuni
Ø Dalam
Linteratur Mahayana Paramita Bodhisaatva Berjumlah 6 (sad Paramita)
Ø Tiga tubuh Buddha Dharmakaya samboghakaya dan
Nirmanakaya
Ø Buddha yang akan datang maytrea
Ø pacekkha buddha mempunyai simpanan parami
tingkat biasa dan sedang sebanyak 100 000 kappa
B. Materi Pembelajaran Konsep
Ø
Buddha adalah orang yang telah mencapai penerangan
sempurna
Ø
Calon Buddha
disebut dengan Boddhisatva
Ø
Tekad boddhistva
disebut dengan abhinikhara
Ø
Dharmakaya berarti tubuh dharma sebagai realitas
tertinggi yang meliputi segalanya
Ø
Manusia Buddha merupakan konsep atau paham yang ada dalam
mazab mahayana yang berarti buddha dunia
C. Materi Pembelajaran Prinsip
Ø Untuk mencapai kebuddhaan seorang boddhisatva
harus bertekad menyempurnakan 10 paramita
D. Materi Pembelajaran Prosedur
Ø Langkah-langkah menjadi Sammasambuddha
ü Mempunyai simpanan parami( kesempurnaan kebajikan)
yang tingkat biasa sebanyak 100 000 kappa
ü Dia lalu bertekad didepan sammasambuddha yang
ada pada waktu itu
ü Sammasambuddha tersebut lalu memberikan
penegasan
ü
Dan sejak saat itu dia disebut boddhisatva
ü
Dan harus menyempurnakan paraminya lagi ujntuk menjadi samsasanmbuddha
E. Materi
Pembelajaran Nilai Dan Sikap
Ø Kedermawanan
Ø Tekun
Ø Semangat
F. Materi
Pembelajaran Psikomotor
Ø Meneladani sikap sang Buddha
Ø Mempraktikan paramita dalam kehidupan seharu-hari
G. Peta Konsep
Standar
Kompetensi
2. Mengenal Buddha, Arahat, dan Bodhisattva
Kompetensi Dasar
2.4 Menjelaskan ikrar Bodhisattva dan cara mempraktikkannya
A. Materi
Pembelajaran Fakta
Ø Seorang Bodhisatva memiliki 4 ikrar
B. Materi Pembelajaran Konsep
Ø Pranidhana adalah menyelamatkan semua makluk
dari penderitaan
C. Materi Pembelajaran Prinsip
Ø Dengan memiliki keyakinan dan mempraktikan
Ikrar Bodhisatva maka akan menolong semua makluk dari penderitaan menuju kebahagiaan
D. Materi Pembelajaran Prosedur
Ø Langkah-langkah dalam ikrar Bodhisatva
ü Bertekad dan berjanji tentang kebahagiaan
tertinggi pada buddha untuk diri sendiri dan sesama
ü Memuja para Buddha dan Boddhisatva untuk
menjalankan ikrar pencerahhan (vandana)
ü Memohon agar para buddha mengotbahkan dharma
dan menunda memasuki Nirvana
ü Menyatakan
perlindungan pada Buddha dan Bodhisatva kemudian bertobat untuk kebaikan semua
makluk dan untuk mencapai pencerahan
ü Bertekad menyerahkan diri untuk membutuhkan
ü Mempraktikan kebajian sempurna untuk membangkitkan
keinginan dalam mencapai pencerahan keselamatan dunia
E. Materi
Pembelajaran Nilai Dan Sikap
Ø Mulia
Ø Kasih sayang
Ø Cinta kasih
Ø Baik hati
F. Materi
Pembelajaran Psikomotor
Ø Menolong makluk yang membutuhkan bantuan
Ø Mempraktikan kebajikan sempurna
Ø Mempraktikan ikrar Bodhisatva
G. Peta Konsep
No comments:
Post a Comment