ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
1.
Memahami manfaat puja dan kekuatan doa
|
1.1
Menjelaskan makna dan manfaat puja serta doa
|
C 2
|
Ø
Menjelaskan makna puja
Ø
Menyebutkan sarana puja
Ø
Menjelaskan makna sarana puja
Ø
Menjelaskan manfaat puja
Ø
Menjelaskan perbedaan antara doa menurut agama Buddha
dengan doa menurut pandangan umum
|
C 2
C 1
C 2
C 2
C2
|
v
Makna puja
v
Sarana puja
v
Makna sarana puja
v
Manfaat puja
v
Perbedaan doa dalam agama Buddha dengan doa secara umum
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
90
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
|
1.2
Mendeskripsikan sejarah dan petunjuk tentang puja
|
C3
|
Ø
Menelusuri sejarah Amisa Puja
Ø
Menguraikan sejarah Puja pada jaman Sang Buddha
Ø
Membandingkan Perbedaan Puja pada jaman Sang Buddha dengan Puja pada
jaman sekarang
Ø
Menjelaskan sarana Puja setelah Sang Buddha Parinibbana
Ø
Menjelaskan sejarah Puja di Indonesia
|
C1
C2
C2
C2
C2
|
v
Sejarah Amisa Puja
v
Sejarah Puja pada jaman Sang Buddha
v
Perbedaan Puja pada jaman Sang Buddha dengan Puja pada jaman sekarang
v
Sarana puja setelah sang Buddha Parinibbana
v
Sejarah puja di Indonesia
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
|
1.3
Mengidentifikasi praktik puja terkait dengan budaya
|
C1
|
Ø
Membandingkan perbedaan Puja
dengan Budaya
Ø
Mengemukakan pengaruh budaya jawa tehadap praktik Puja
Ø
Menjelaskan pengaruh Budaya Cina
terhadap Puja
Ø
Menjelaskan praktik Puja dengan pengaruh budaya daerah lainnya
Ø
Menyimpulkan manfaat praktik puja
|
C2
C2
C2
C2
C2
|
v
Perbedaan puja
dengan Budaya
v
Pengaruh budaya Jawa terhadap Praktik puja
v
Pengaruh Budaya Cina terhadap Puja
v
Praktik puja dengan pengaruh Budaya daerah lainya
v
Manfaat praktik puja
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
|
1.4
Menjelaskan praktik puja dalam hari-hari raya Agama
Buddha
|
C2
|
Ø
Menceritakan hari raya Waisak
Ø
Menguraikan makna hari raya Waisak
Ø
Menjelaskan hari raya Asadha
Ø
Menjelaskan hari raya Kathina
Ø
Menjabarkan hari raya Magha Puja
Ø
Mempraktikan Puja pada hari-hari besar agama Buddha
|
C1
C2
C2
C2
C2
C3
|
v
Hari raya Waisak
v
Makna hari raya Waisak
v
Hari raya Asadha
v
Hari raya Kathina
v
Hari raya Magha Puja
v
Puja pada hari-hari besar agama Buddha
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
2.
Mengembangkan etika-moral dalam agama buddha
|
2.1
Mendeskripsikan sila sebagai bagian dari Jalan Mulia
Berunsur Delapan
|
C2
|
Ø
Menjabarkan pengertian Sila
Ø
Menyebutkan Sila yang terdapat dalam Jalan
Mulia Berunsur Delapan
Ø
Mencontohkan perbuatan benar dalam kehidupan
sehari-hari
Ø
Menerangkan arti ucapan benar
Ø
Menjelaskan arti mata pencaharian benar
|
C2
C1
C2
C2
C2
|
v
Pengertian Sila
v
Sila yang terdapat dalam Jalan Mulia
Berunsur Delapan
v
Perbuatan benar dalam kehidupan
sehari-hari
v
Arti ucapan benar
v
Mata pencaharian benar
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
|
2.2
Merumuskan manfaat sila dan vinaya sebagai sumber nilai
dalam agama Buddha
|
C5
|
Ø Membedakan
antara Sila dengan Vinaya
Ø Menjabarkan
perbedaan Vinaya untuk Bhukkhu/ Bhikkhuni dengan Sila untuk umat awam
Ø Menguraikan
pengertian Vinaya
Ø Menjelaskan
Vinaya bagi Bhikkhu dan Bhikkhuni
Ø Menjelaskan
manfaat melaksanakan Vinaya bagi para Bhikkhu dan Bhikkhuni
Ø Menyimpulkan
manfaat Sila bagi umat awam
|
C2
C2
C2
C2
C2
C4
|
v
Antara Sila Dan Vinaya
v Perbedaan Vinaya
untuk Bhukkhu/ Bhikkhuni Dengan Sila Untuk Umat Awam
v Pengertian Vinaya
v
Vinaya bagi Bhikkhu Dan Bhikkhuni
v
Manfaat Melaksanakan Vinaya Bagi
Para Bhikkhu dan Bhikkhuni
v
Manfaat Sila Bagi Umat Awam
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
|
2.3
Menjelaskan pembagian sila
|
C2
|
Ø Menyebutkan
pembagian Sila menurut jenisnya
Ø Menjabarkan
pembagian Sila menurut pelaksanaannya
Ø Menguraikan
pembagian Sila menurut jumlah latihannya
Ø Mejelaskan
sila menurut jenis orang yang melaksanakanya
Ø Melatih
Lima Sila dalam kehidupan sehari-hari
|
C1
C2
C2
C2
C3
|
v Pembagian
Sila menurut jenisnya
v Pembagian
Sila menurut pelaksanaannya
v Pembagian
Sila menurut jumlah latihannya
v Sila
menurut jenis orang yang melaksanakanya
v Lima Sila
dalam kehidupan sehari-hari
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
|
2.4
Menjelaskan prinsip-prinsip normatif serta kriteria baik
dan buruk
|
C2
|
Ø Menjabarkan
pengertian Hiri
Ø Menguraikan
pengertian Ottappa
Ø
Menerangkan alasan bahwa Hiri dan
Ottappa merupakan Dhamma pelindung dunia (Loka
pala Dhamma)
Ø Menjelaskan
Hiri dan Ottappa sebagai faktor pendukung terlaksananya Sila dengan baik
Ø
Menjelaskan Manfaat melaksanakan
Hiri dan Ottappa
|
C2
C2
C2
C2
C2
|
v
Pengertian Hiri
v Pengertian Ottappa
v
Alasan bahwa Hiri dan Ottappa
merupakan Dhamma pelindung dunia (Loka
pala Dhamma)
v Hiri dan
Ottappa sebagai faktor pendukung terlaksananya Sila dengan baik
v
Manfaat melaksanakan Hiri dan Ottappa
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
3.
Memahami hukum dharma
|
3.1
Mendeskripsikan hukum kebenaran sebagai hukum alam
|
C3
|
Ø Menyebutkan macam-macam hukum
kebenaran
Ø Menguraikan pengertian hukum kebenaran
Ø Menjelaskan ruang lingkup
berlakunya hukum kebenaran
Ø
Membandingkan perbedaan hukum kebenaran
dengan hukum yang dibuat manusia
Ø
Menyimpulkan Manfaat belajar hukum
kebenaran
|
C1
C2
C2
C2
C2
|
v
Macam-macam hukum Kebenaran
v Pengertian hukum Kebenaran
v
Ruang lingkup
berlakunya hukum Kebenaran
v
Perbedaan hukum kebenaran
dengan hukum yang dibuat manusia
v
Manfaat belajar hukum kebenaran
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
|
3.2
Menguraikan hukum kebenaran universal
|
C2
|
Ø Menyebutkan isi atau bagian dari
Hukum-hukum Kesunyataan
Ø Menerangkan Hukum Cattari Arya Saccani
Ø Menjabarkan Hukum
Kamma dan Punarbhava
Ø Menjelaskan konsep
Hukum Tilakkhana
Ø Menjelaskan isi Hukum
Paticcasamuppada
|
C1
C2
C2
C2
C2
|
v
Isi atau bagian dari Hukum-hukum
v
Hukum Cattari Arya Saccani
v
Hukum Kamma dan Punarbhava
v
Konsep Hukum Tilakkhana
v
Isi Hukum Paticcasamuppada
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
|
3.3
Mengenali proses kerja hukum kebenaran
|
C1
|
Ø Mempelajari
hukum Kebenaran
Ø Menyebutkan
macam-macam hukum kebenaran
Ø Menguraikan pengertian
Utu Niyama
Ø Menerangkan Bija
Niyama
Ø Menjelaskan Kamma
Niyama
Ø Menjelaskan Citta
Niyama
Ø Menjelaskan Dhamma
Niyama
|
C1
C1
C2
C2
C2
C2
C2
|
v Hukum
Kebenaran
v Macam-macam
hukum kebenaran
v
pengertian Utu Niyama
v
Bija Niyama
v
Kamma Niyama
v
Citta Niyama
v
Dhamma Niyama
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
4.
Mengkontruksi sikap umat Buddha terhadap lingkungan
|
4.1
Menjelaskan wawasan ekosistem dan kesalingtergantungan
|
C2
|
Ø Menjabarkan
definisi ekosistem
Ø Menyebutkan
unsur-unsur yang terdapat dalam Ekosistem
Ø Menguraikan pengertian
benda hidup dan benda mati
Ø Menjelaskan bahwa
manusia saling berketergantungan di dalam suatu ekosistem
Ø Menjelaskan pandangan
agama Buddha terhadap ekosistem
|
C2
C1
C2
C2
C2
|
v
Definisi
ekosistem
v
Unsur-unsur yang terdapat dalam
ekosistem
v
Pengertian benda hidup dan benda
mati
v
Bahwa manusia saling
berketergantungan di dalam suatu ekosistem
v Pandangan agama buddha
terhadap ekosistem
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
|
4.2
Menjelaskan tanggung jawab manusia terhadap
sesama,keluarga dan masyarakat
|
C2
|
Ø Menjabarkan isi yang
terkandung di dalam
Sigalovada Sutta
Ø Mencontohkan kewajiban
anak kepada orang tua
Ø Menjelaskan kewajiban
orang tua kepada anak
Ø Menjelaskan kewajiban
murid kepada guru
Ø Menjelaskan kewajiban
guru kepada murid
Ø Menjelaskan kewajiban
anggota masyarakat terhadap masyarakat lainnya
|
C2
C2
C2
C2
C2
C2
|
v Isi yang terkandung di
dalam Sigalovada Sutta
v Kewajiban anak kepada
orang tua
v Kewajiban orang tua
kepada anak
v Kewajiban murid kepada
guru
v Kewajiban guru kepada
murid
v Kewajiban anggota
masyarakat terhadap masyarakat lainnya
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
|
4.3
Mendeskripsikan kesetiakawanan sosial dalam agama Buddha
|
C3
|
Ø Menjelaskan pengertian
kesetiakawanan sosial
Ø Menunjukkan
kesetiakawanan sosial menurut agama
Buddha
Ø Menunjukkan wujud
nyata sebagai praktik dari kesetiakawanan sosial
Ø Mencontokan sikap
kesetiakawanan dalam masyarakat
Ø Mempraktekan rasa kesetiakawanan
sosial dalam kehidupan sehari-hari
|
C2
C1
C1
C2
C3
|
v
Pengertian Kesetiakawanan Sosial
v
Kesetiakawanan menurut agama Buddha
v
Wujud nyata sebagai praktik dari kesetiakawanan sosial
v
Sikap kesetiakawanan dalam
masyarakat
v
Rasa kesetiakawanan sosial dalam
kehidupan sehari-hari
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA PELITA HARAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
|
4.4
Mejelaskan tanggung jawab manusia terhadap dunia
|
C2
|
Ø
Menguraikan pengertian tanggung jawab
Ø
Menerangkan contoh tanggung jawab dalam masyarakat
Ø
Menjelaskan pengertian tanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain
Ø
Menjelaskan hubungan timbal balik antara
tanggung jawab diri sendiri dengan tanggung jawab
terhadap orang lain.
Ø
Menjelaskan akibat dari tidak melaksanakan tanggung jawab
|
C2
C2
C2
C2
C2
|
v
Pengertian tanggung jawab
v
Contoh tanggung jawab dalam masyarakat
v
Pengertian tanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain
v
Hubungan timbal balik antara
tanggung jawab diri sendiri dengan tanggung jawab
terhadap orang lain
v
Akibat dari tidak melaksanakan tanggung jawab
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
RUANG LINGKUP:
1.
Melalui pengajaran yang didasarkan pada Kurikulum Pendidikan
Agama Buddha, anak didik tingkat Sekolah Menengah Atas diharapkan
menyelami proses transformasi informasi nilai-nilai kehidupan berdasarkan
Buddha Dharma sesuai dengan tingkat kemampuan yang dipelajari pada tiap
jenjangnya.
2.
Fokus Kurikulum Pendidikan Agama Buddha adalah menyoroti
kehidupan manusia sebagai pusat kehidupannya dan Triratna (Buddha, Dhamma,
Sangha) sebagai teladan dan pelindung serta menjadikan tripitaka sebagai sumber
ajaran Buddha.
3.
Berdasarkan hasi yang akan dicapai pada tingkat Sekolah
Menengah Atas diharapkan dapat membimbing siswa untuk memahami nilai-nilai
keagamaan sesuai Buddha Dharma dan sekaligus dapat mengeksperikan Dharma dalam
perilaku kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat belajar memahami,
menganalisis dan mempraktikkannya.
4.
Pada jenjang Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah
Atasdiperkenalkan komponen-kompponen : (1) sejarah, (2) Keyakinan (Saddha), (3)
Perilaku/moral (Sila), (4) Kitab Suci Agama Buddha (Tripitaka), (5)Meditasi
(Samadhi), (6) Kebijaksanaan (Panna). Keenam aspek tersebut dalam penjabarannya
disesuaikan dengan kemampuan dasar yang diharapkan pada masa jenjang
pendidikan.
5.
Seluruh rangkaian kurikulum pendidikan Agama Buddha dari
tingkat Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas
adalah pendidikan agama Buddha yang menjadikan pedoman bagi peserta didik.
No comments:
Post a Comment