Saturday, March 12, 2016

Budiono Pemetaan Standar Kompetensi,Kompetensi Dasar,Indikator dan Aspek Penilaian




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA BUDI JAYA
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : X/Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
Kelas X, Semester I
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
1.       








Saddha
1.      Mengungkapkan Buddha Dharma sebagai salah satu agama





1.1  Merumuskan peranan macam-   macam agama   dalam kehidupan dan ruang lingkup agama






·         Menyebutkan macam-macam agama
·         Menjelaskan pengertian agama
·         Menjelaskan peranan macam-macam agama
·         Menjelaskan ruang lingkup agama dalam kehidupan
·         Merumuskan peranan macam-macam agama
·         Merumuskan kerukunan hidup umat beragama







   
     













No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
2.       













1.2  Menjelaskan pluralisme, inklusivisme,toleransi, dan tujuan hidup menurut agama Buddha



·         Menjelaskan pengertian Pluralisme, Inklusivisme,  dan Toleransi
·         Membedakan antara Pluralisme dengan Inklusivisme
·         Mencontohkan sikap toleransi
·         Menjelaskan tujuan agama Buddha menurut agama Buddha
·         Menjelaskan manfaat hidup bertoleransi






  
      





















No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
3.       













1.3  Menjelaskan pengertian dan ciri khas agama Buddha




·         Menyebutkan ciri khas agama Buddha

·         Menjelaskan pengertian agama Buddha

·         Menjelaskan nilai-nilai agama Buddha

·         Menerangkan sikap cinta kasih dalam agama Buddha

·         Menemukan perbedaan antara agama Buddha dengan agama lain






   
      




















No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
4.       








Saddha
2.      Kemampuan memahami makna    beriman kepada Tuhan




2.1  Memerumuskan dasar-dasar keyakinan dan cara mengembangkannya




·         Menyebutkan dasar-dasar keyakinan dalam agama Buddha
·         Menjelaskan pengertian keyakinan menurut agama Buddha
·         Menjelaskan cara pengembangan keyakinan dalam agama Buddha
·         Menelaah keyakinan terhadap Triratna
·         Merumuskan keyakinan terhadap hukum Karma






   
      





















No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
5.       













2.2     Mendeskripsikan hukum-hukum universal (Niyama) yang mengatur alam semesta




·         Menyebutkan macam-macam Niyama
·         Menjelaskan pengertian hukum Niyama
·         Menjelaskan Utu Niyama

·         Menjabarkan Bija Niyama

·         Mengkonsepkan Dhamma Niyama

·         Mengaitkan hukum Niyama
       dalam kehidupan sehari-hari






   
     



















No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
6.       













2.3     Mendeskripsikan pokok-pokok keyakinan  dalam agama Buddha. 




·         Menyebutkan pokok-pokok keyakinan dalam agama Buddha
·         Menyatakan keyakinan terhadap Triratna
·         Menjelaskan pengertian keyakinan dalam agama Buddha
·         Membandingkan keyakinan   dalam agama Buddha dengan keyakinan dalam agama lain

·         Menerapkan keyakinan dalam kehidupan






   
      
























 



No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
7.       













2.4  Menjelaskan manifestasi keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa




·         Menyebutkan sifat-sifat ketuhanan (Brahma vihara)
·         Menjelaskan pengertian manifestasi
·         Mencontohkan manifestasi   terhadap Tuhan Yang Maha Esa

·          Menjelaskan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·         Menjelaskan fungsi keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa






   
     





















Kelas X, Semester II

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
8.       








Tripitaka
3.      Mengungkapkan kitab suci  sebagai pedoman hidup




3.1  Menjelaskan sejarah penulisan kitab suci Tripitaka




·         Membaca kitab suci
Dhammapada

·         Menjelaskan pengertian Tripitaka

·         Menguraikan bagian dari kitab suci Tripitaka

·         Menjelaskan sejarah penulisan Tripitaka

·         Mengurutkan bagian dari kitab suci Tripitaka






    
     



















No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
9.       













3.2  Mendeskripsikan ruang lingkup dan intisari Tripitaka




·         Menguraikankan isi dari Tripitaka
·         Menjabarkan bagian-bagian dari Tripitaka

·         Menjelaskan Vinaya pitaka

·         Menjelaskan Sutta pitaka

·         Menjelaskan Abhidamma pitaka

·         Menerapkan intisari Tripitaka dalam kehidupan






    
     




























No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
10.   













3.3  Menjelaskan kebenaran yang terdapat dalam Tripitaka




·         Menunjukan contoh orang yang telah mempraktekan kebenaran dari kitab suci Tripitaka
·         Menulis manfaat mempraktekan kebenaran
·         Menjelaskan kebenaran Dharma

·         Menjelaskan bahwa isi Tripitaka dapat dibuktikan kebenaranya
·         Menjelaskan isi Paritta Saccakiriya Gatha
·         Melaksanakan Dharma dari kitab suci Tripitaka






    
    



























No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
11.   








Saddha
4.    Kemampuan  memahami makna    berlindung  kepada Triratna





4.1  Mendeskripsikan Triratna sebagai pelindung




·         Menyatakan berlindung kepada Triratna
·         Menjelaskan arti Triratna

·         Menjelaskan Buddha,Dhamma danSangha

·         Menjelaskan sifat-sifat kebajikan Triratna

·         Mencontohkan sifat bajik  dari Buddha
·         Mengemukakan alasan Triratna dijadikan sebagai pelindung bagi umat Buddha






   
     

















No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
12.   













4.2  Menjelaskan makna  berlindung kepada Triratna



·         Menyebutkan isi Tisarana
·         Membaca Paritta Tisarana

·         Menjelaskan arti Tisarana

·         Menjelaskan aspek berlindung kepada Triratna

·         Menjelaskan makna berlindung kepada Buddha ,Dharma dan Sangha

·         Menyimpulkan manfaat membaca paritta Tisarana



    
    



















No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
13.   













4.3  Menjelaskan   manfaat berlindung kepada Triratna dalam kehidupan sehari-hari



·         Memberikan contoh prilaku taat kepada Triratna

·         Menjelaskan hakekat kehidupan menurut agama Buddha

·         Menjelaskan misi kehadiran Buddha di dunia

·         Menjelaskan inti ajaran Buddha
·         Menguraikan manfaat berlindung kepada Triratna






    
























No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
14.   













4.4     Mengembangkan diri dan  merealisasi pernyataan berlindung kepada Triratna



·         Menjadikan Dhamma sebagai pedoman hidup
·         Menjelaskan Dhamma pelindung dunia
·         Menjelaskan Hiri

·         Menjabarkan Ottapa

·         Membiasakan berbuat kebajikan

·         Melaksanakan  ritual dalam agama Buddha





   
     

   
     














No comments:

Post a Comment