PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah :
SMA BUDI JAYA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
X/Ganjil
Tahun Pelajaran :
2016/2017
Kelas X, Semester I
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
1.
|
Saddha
1.
Mengungkapkan Buddha Dharma sebagai salah satu agama
|
1.1 Merumuskan peranan macam- macam agama
dalam kehidupan dan ruang lingkup agama
|
·
Menyebutkan macam-macam agama
·
Menjelaskan pengertian agama
·
Menjelaskan peranan macam-macam agama
·
Menjelaskan ruang lingkup agama dalam kehidupan
·
Merumuskan peranan macam-macam agama
·
Merumuskan kerukunan hidup umat beragama
|
√
√
√
√
√
√
|
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
2.
|
1.2
Menjelaskan pluralisme, inklusivisme,toleransi, dan
tujuan hidup menurut agama Buddha
|
·
Menjelaskan pengertian Pluralisme, Inklusivisme, dan Toleransi
·
Membedakan antara Pluralisme dengan Inklusivisme
·
Mencontohkan
sikap toleransi
·
Menjelaskan tujuan agama Buddha menurut agama Buddha
·
Menjelaskan
manfaat hidup bertoleransi
|
√
√
√
√
√
|
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
3.
|
1.3
Menjelaskan pengertian dan ciri khas agama Buddha
|
·
Menyebutkan ciri khas agama Buddha
·
Menjelaskan pengertian agama Buddha
·
Menjelaskan nilai-nilai agama Buddha
·
Menerangkan sikap cinta kasih dalam agama Buddha
·
Menemukan perbedaan antara agama Buddha dengan agama lain
|
√
√
√
√
√
|
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
4.
|
Saddha
2.
Kemampuan memahami makna beriman
kepada Tuhan
|
2.1
Memerumuskan dasar-dasar keyakinan dan cara mengembangkannya
|
·
Menyebutkan
dasar-dasar keyakinan dalam agama Buddha
·
Menjelaskan
pengertian keyakinan menurut agama Buddha
·
Menjelaskan
cara pengembangan keyakinan dalam agama Buddha
·
Menelaah
keyakinan terhadap Triratna
·
Merumuskan
keyakinan terhadap hukum Karma
|
√
√
√
√
√
|
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
5.
|
2.2
Mendeskripsikan hukum-hukum universal (Niyama) yang mengatur alam
semesta
|
·
Menyebutkan macam-macam
Niyama
·
Menjelaskan
pengertian hukum Niyama
·
Menjelaskan Utu Niyama
·
Menjabarkan Bija Niyama
·
Mengkonsepkan
Dhamma Niyama
·
Mengaitkan
hukum Niyama
dalam kehidupan sehari-hari
|
√
√
√
√
√
|
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
6.
|
2.3
Mendeskripsikan pokok-pokok keyakinan
dalam agama Buddha.
|
·
Menyebutkan
pokok-pokok keyakinan dalam agama Buddha
·
Menyatakan
keyakinan terhadap Triratna
·
Menjelaskan
pengertian keyakinan dalam agama Buddha
·
Membandingkan
keyakinan dalam agama Buddha dengan
keyakinan dalam agama lain
·
Menerapkan
keyakinan dalam kehidupan
|
√
√
√
√
|
√
|
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
7.
|
2.4
Menjelaskan manifestasi keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
|
·
Menyebutkan
sifat-sifat ketuhanan (Brahma vihara)
·
Menjelaskan
pengertian manifestasi
·
Mencontohkan
manifestasi terhadap Tuhan Yang Maha
Esa
·
Menjelaskan keyakinan terhadap Tuhan Yang
Maha Esa
·
Menjelaskan
fungsi keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
|
√
√
√
√
√
|
Kelas X, Semester II
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
8.
|
Tripitaka
3.
Mengungkapkan kitab
suci sebagai pedoman hidup
|
3.1 Menjelaskan sejarah penulisan kitab suci Tripitaka
|
·
Membaca
kitab suci
Dhammapada
·
Menjelaskan pengertian Tripitaka
·
Menguraikan
bagian dari kitab suci Tripitaka
·
Menjelaskan
sejarah penulisan Tripitaka
·
Mengurutkan
bagian dari kitab suci Tripitaka
|
√
√
√
√
√
|
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
9.
|
3.2 Mendeskripsikan ruang lingkup dan intisari Tripitaka
|
·
Menguraikankan
isi dari Tripitaka
·
Menjabarkan
bagian-bagian dari Tripitaka
·
Menjelaskan
Vinaya pitaka
·
Menjelaskan
Sutta pitaka
·
Menjelaskan
Abhidamma pitaka
·
Menerapkan
intisari Tripitaka dalam kehidupan
|
√
√
√
√
√
|
√
|
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
10.
|
3.3 Menjelaskan kebenaran yang terdapat dalam Tripitaka
|
·
Menunjukan
contoh orang yang telah mempraktekan kebenaran dari kitab suci Tripitaka
·
Menulis
manfaat mempraktekan kebenaran
·
Menjelaskan
kebenaran Dharma
·
Menjelaskan
bahwa isi Tripitaka dapat dibuktikan kebenaranya
·
Menjelaskan
isi Paritta Saccakiriya Gatha
·
Melaksanakan
Dharma dari kitab suci Tripitaka
|
√
√
√
√
√
√
|
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
11.
|
Saddha
4. Kemampuan
memahami makna
berlindung kepada Triratna
|
4.1 Mendeskripsikan Triratna sebagai pelindung
|
·
Menyatakan
berlindung kepada Triratna
·
Menjelaskan
arti Triratna
·
Menjelaskan
Buddha,Dhamma danSangha
·
Menjelaskan
sifat-sifat kebajikan Triratna
·
Mencontohkan
sifat bajik dari Buddha
·
Mengemukakan
alasan Triratna dijadikan sebagai pelindung bagi umat Buddha
|
√
√
√
√
√
√
|
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
12.
|
4.2
Menjelaskan makna berlindung
kepada Triratna
|
·
Menyebutkan
isi Tisarana
·
Membaca
Paritta Tisarana
·
Menjelaskan
arti Tisarana
·
Menjelaskan
aspek berlindung kepada Triratna
·
Menjelaskan
makna berlindung kepada Buddha ,Dharma dan Sangha
·
Menyimpulkan
manfaat membaca paritta Tisarana
|
√
√
√
√
√
√
|
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
13.
|
4.3
Menjelaskan
manfaat berlindung kepada Triratna dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Memberikan
contoh prilaku taat kepada Triratna
·
Menjelaskan
hakekat kehidupan menurut agama Buddha
·
Menjelaskan
misi kehadiran Buddha di dunia
·
Menjelaskan
inti ajaran Buddha
·
Menguraikan
manfaat berlindung kepada Triratna
|
√
√
√
√
√
|
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
14.
|
4.4 Mengembangkan diri dan merealisasi pernyataan berlindung kepada
Triratna
|
·
Menjadikan
Dhamma sebagai pedoman hidup
·
Menjelaskan
Dhamma pelindung dunia
·
Menjelaskan
Hiri
·
Menjabarkan
Ottapa
·
Membiasakan
berbuat kebajikan
·
Melaksanakan ritual dalam agama Buddha
|
√
√
√
√
√
√
|
No comments:
Post a Comment