Tuesday, March 15, 2016

Pemetaan dan Analisis SK KD SMA Kelas XI



PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Nama                           : BUDIONO
NPM                           : 2014101008
Sekolah                       : SMA N 01 ANAK  RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan









1.      Memahami manfaat puja dan kekuatan doa




1.1  Menjelaskan makna dan manfaat puja serta doa





Ø  Menjelaskan makna puja
Ø  Menyebutkan sarana puja
Ø  Menjelaskan makna sarana puja
Ø  Menjelaskan manfaat puja
Ø  Menjelaskan perbedaan antara doa menurut agama Buddha dengan doa menurut pandangan umum














PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan














1.2  Mendeskripsikan sejarah dan petunjuk tentang puja





Ø Menelusuri sejarah Amisa Puja
Ø Menguraikan sejarah Puja pada jaman Sang Buddha
Ø Membandingkan Perbedaan Puja pada jaman Sang Buddha dengan Puja pada jaman sekarang
Ø Menjelaskan sarana Puja setelah Sang Buddha Parinibbana
Ø Menjelaskan sejarah Puja di Indonesia
















PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA N ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan














1.3  Mengidentifikasi praktik puja terkait dengan budaya




Ø Membandingkan perbedaan  Puja dengan Budaya
Ø Mengemukakan pengaruh budaya jawa tehadap praktik Puja
Ø Menjelaskan  pengaruh Budaya Cina terhadap Puja
Ø Menjelaskan praktik Puja dengan pengaruh budaya daerah lainnya
Ø Menyimpulkan manfaat praktik puja


















PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan














1.4  Menjelaskan praktik puja dalam hari-hari raya Agama Buddha




Ø Menceritakan hari raya Waisak
Ø Menguraikan makna hari raya Waisak
Ø Menjelaskan hari raya Asadha
Ø Menjelaskan hari raya Kathina
Ø Menjabarkan hari raya Magha Puja
Ø Mempraktikan Puja pada hari-hari besar agama Buddha

















PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan









2.      Mengembangkan etika-moral dalam agama buddha




2.1  Mendeskripsikan sila sebagai bagian dari Jalan Mulia Berunsur Delapan




Ø Menjabarkan pengertian Sila
Ø Menyebutkan Sila yang terdapat dalam Jalan Mulia Berunsur Delapan
Ø Mencontohkan perbuatan benar dalam kehidupan sehari-hari
Ø Menerangkan arti ucapan benar
Ø Menjelaskan arti mata pencaharian benar


















PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan














2.2  Merumuskan manfaat sila dan vinaya sebagai sumber nilai dalam agama Buddha





Ø Membedakan antara Sila dengan Vinaya
Ø Menjabarkan perbedaan Vinaya untuk Bhukkhu/ Bhikkhuni dengan Sila untuk umat awam
Ø Menguraikan pengertian Vinaya
Ø Menjelaskan Vinaya bagi Bhikkhu dan Bhikkhuni
Ø Menjelaskan manfaat melaksanakan Vinaya bagi para Bhikkhu dan Bhikkhuni
Ø  Menyimpulkan manfaat Sila bagi umat awam


















PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan













2.3  Menjelaskan pembagian sila





Ø Menyebutkan pembagian Sila menurut jenisnya
Ø Menjabarkan pembagian Sila menurut pelaksanaannya
Ø Menguraikan pembagian Sila menurut jumlah latihannya
Ø Mejelaskan sila menurut jenis orang yang melaksanakanya
Ø Melatih Lima Sila dalam kehidupan sehari-hari



















PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan














2.4  Menjelaskan prinsip-prinsip normatif serta kriteria baik dan buruk





Ø Menjabarkan pengertian Hiri
Ø Menguraikan pengertian Ottappa
Ø Menerangkan alasan bahwa Hiri dan Ottappa merupakan Dhamma pelindung dunia (Loka pala Dhamma)
Ø Menjelaskan Hiri dan Ottappa sebagai faktor pendukung terlaksananya Sila dengan baik
Ø Menjelaskan Manfaat melaksanakan Hiri dan Ottappa


















PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Genap
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan









3.      Memahami hukum dharma




3.1  Mendeskripsikan hukum kebenaran sebagai hukum alam





Ø Menyebutkan macam-macam hukum kebenaran
Ø  Menguraikan pengertian hukum kebenaran
Ø Menjelaskan ruang lingkup berlakunya hukum kebenaran
Ø Membandingkan perbedaan hukum kebenaran dengan hukum yang dibuat manusia
Ø Menyimpulkan Manfaat belajar hukum kebenaran



















PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Genap
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
1.













3.2  Menguraikan hukum kebenaran universal





Ø Menyebutkan isi atau bagian dari Hukum-hukum Kesunyataan
Ø Menerangkan  Hukum Cattari Arya Saccani
Ø Menjabarkan Hukum Kamma dan Punarbhava
Ø Menjelaskan konsep Hukum Tilakkhana
Ø Menjelaskan isi Hukum Paticcasamuppada


















PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Genap
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan














3.3  Mengenali proses kerja hukum kebenaran





Ø Mempelajari hukum Kebenaran
Ø Menyebutkan macam-macam hukum kebenaran
Ø Menguraikan pengertian Utu Niyama
Ø Menerangkan Bija Niyama
Ø Menjelaskan Kamma Niyama
Ø Menjelaskan Citta Niyama
Ø Menjelaskan Dhamma Niyama















PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Genap
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan









4.      Mengkontruksi sikap umat Buddha terhadap lingkungan




4.1  Menjelaskan wawasan ekosistem dan kesalingtergantungan




Ø Menjabarkan definisi ekosistem
Ø Menyebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam Ekosistem
Ø Menguraikan pengertian benda hidup dan benda mati
Ø Menjelaskan bahwa manusia saling berketergantungan di dalam suatu ekosistem
Ø Menjelaskan pandangan agama Buddha terhadap ekosistem

















PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Genap
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan














4.2  Menjelaskan tanggung jawab manusia terhadap sesama,keluarga dan masyarakat




Ø Menjabarkan isi yang terkandung di dalam Sigalovada  Sutta
Ø Mencontohkan kewajiban anak kepada orang tua
Ø Menjelaskan kewajiban orang tua kepada anak
Ø Menjelaskan kewajiban murid kepada guru
Ø Menjelaskan kewajiban guru kepada murid
Ø  Menjelaskan kewajiban anggota masyarakat terhadap masyarakat lainnya
















PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Genap
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan
1.













4.3  Mendeskripsikan kesetiakawanan sosial dalam agama Buddha





Ø Menjelaskan pengertian kesetiakawanan sosial
Ø Menunjukkan kesetiakawanan sosial menurut  agama Buddha
Ø Menunjukkan wujud nyata sebagai praktik dari kesetiakawanan sosial
Ø Mencontokan sikap kesetiakawanan dalam masyarakat
Ø Mempraktekan rasa kesetiakawanan sosial dalam kehidupan sehari-hari


















PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN

Sekolah                       : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI/Genap
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek Penilaian
Konsep
Penerapan














4.4  Mejelaskan tanggung jawab manusia terhadap dunia





Ø Menguraikan pengertian tanggung jawab
Ø Menerangkan contoh tanggung jawab dalam masyarakat
Ø Menjelaskan pengertian tanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain
Ø Menjelaskan hubungan timbal balik antara  tanggung jawab diri sendiri dengan tanggung jawab terhadap orang lain.
Ø Menjelaskan akibat dari tidak melaksanakan tanggung jawab






















ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8
1.     Memahami manfaat puja dan kekuatan doa
1.1  Menjelaskan makna dan manfaat puja serta doa

C 2

















Ø  Menjelaskan makna puja
Ø  Menyebutkan sarana puja
Ø  Menjelaskan makna sarana puja
Ø  Menjelaskan manfaat puja
Ø  Menjelaskan perbedaan antara doa menurut agama Buddha dengan doa menurut pandangan umum



C2
C1
C2

C2
C2




v Makna puja
v Sarana puja
v Makna sarana puja

v Manfaat puja
v Perbedaan doa dalam agama Buddha dengan doa secara umum


ü   







ü   



ü   


ü   

ü   

ü   

ü   














90









ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8

1.2  Mendeskripsikan sejarah dan petunjuk tentang puja

C3
















Ø Menelusuri sejarah Amisa Puja
Ø Menguraikan sejarah Puja pada jaman Sang Buddha
Ø Membandingkan Perbedaan Puja pada jaman Sang Buddha dengan Puja pada jaman sekarang
Ø Menjelaskan sarana Puja setelah Sang Buddha Parinibbana
Ø Menjelaskan sejarah Puja di Indonesia

C1

C2

C2



C2


C2


v  Sejarah Amisa Puja

v  Sejarah Puja pada jaman Sang Buddha
v  Perbedaan Puja pada jaman Sang Buddha dengan Puja pada jaman sekarang

v  Sarana puja setelah sang Buddha Parinibbana

v  Sejarah puja di Indonesia





















ü   



ü   















90







ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8

1.3  Mengidentifikasi praktik puja terkait dengan budaya
C1
















Ø Membandingkan perbedaan  Puja dengan Budaya
Ø Mengemukakan pengaruh budaya jawa tehadap praktik Puja
Ø Menjelaskan  pengaruh Budaya Cina terhadap Puja
Ø Menjelaskan praktik Puja dengan pengaruh budaya daerah lainnya
Ø Menyimpulkan manfaat praktik puja

C2

C2


C2


C2

C2



v  Perbedaan  puja dengan Budaya

v  Pengaruh budaya Jawa terhadap Praktik puja

v  Pengaruh Budaya Cina terhadap Puja


v  Praktik puja dengan pengaruh Budaya daerah lainya
v  Manfaat praktik puja


























135









ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8

1.4  Menjelaskan praktik puja dalam hari-hari raya Agama Buddha
C2
















Ø Menceritakan hari raya Waisak
Ø Menguraikan makna hari raya Waisak
Ø Menjelaskan hari raya Asadha
Ø Menjelaskan hari raya Kathina
Ø Menjabarkan hari raya Magha Puja
Ø Mempraktikan Puja pada hari-hari besar agama Buddha

C1

C2

C2

C2

C2

C3



v Hari raya Waisak

v Makna hari  raya Waisak

v Hari raya Asadha

v Hari raya Kathina

v Hari raya Magha Puja

v Puja pada hari-hari besar agama Buddha































135









ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8
2.      Mengembangkan etika-moral dalam agama buddha
2.1  Mendeskripsikan sila sebagai bagian dari Jalan Mulia Berunsur Delapan
C2
















Ø Menjabarkan pengertian Sila
Ø Menyebutkan Sila yang terdapat dalam Jalan Mulia Berunsur Delapan
Ø Mencontohkan perbuatan benar dalam kehidupan sehari-hari
Ø Menerangkan arti ucapan benar
Ø Menjelaskan arti mata pencaharian benar

C2
C1


C2


C2

C2



v  Pengertian Sila
v  Sila yang terdapat dalam Jalan   Mulia Berunsur Delapan

v   Perbuatan benar dalam kehidupan sehari-hari

v  Arti ucapan benar

v  Mata pencaharian benar





























90









ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8

2.2  Merumuskan manfaat sila dan vinaya sebagai sumber nilai dalam agama Buddha

C5
















Ø Menyebutkan perbedaan Sila dengan Vinaya
Ø Menjabarkan perbedaan Vinaya untuk Bhukkhu/ Bhikkhuni dengan Sila untuk umat awam
Ø Menguraikan pengertian Vinaya
Ø Menjelaskan Vinaya bagi Bhikkhu dan Bhikkhuni
Ø Menjelaskan manfaat melaksanakan Vinaya bagi para Bhikkhu dan Bhikkhuni
Ø Menyimpulkan manfaat Sila bagi umat awam
C2

C2



C2

C2

C2


C4


v    Sila Dan Vinaya

v  Perbedaan Vinaya untuk Bhikkhu/ Bhikkhuni Dengan Sila Untuk Umat Awam

v  Pengertian Vinaya

v  Vinaya bagi Bhikkhu Dan Bhikkhuni

v  Manfaat Melaksanakan Vinaya Bagi Para Bhikkhu dan Bhikkhuni

v  Manfaat Sila Bagi Umat Awam
































135









ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8

2.3  Menjelaskan pembagian sila

C2
















Ø Menyebutkan pembagian Sila menurut jenisnya
Ø Menjabarkan pembagian Sila menurut pelaksanaannya
Ø Menguraikan pembagian Sila menurut jumlah latihannya
Ø Mejelaskan sila menurut jenis orang yang melaksanakanya
Ø Melatih Lima Sila dalam kehidupan sehari-hari

C1

C2

C2

C2

C3




v  Pembagian Sila menurut jenisnya

v  Pembagian Sila menurut pelaksanaannya
v  Pembagian Sila menurut jumlah latihannya
v  Sila menurut jenis orang yang melaksanakanya
v  Lima Sila dalam kehidupan sehari-hari































90









ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8

2.4  Menjelaskan prinsip-prinsip normatif serta kriteria baik dan buruk

C2
















Ø Menjabarkan pengertian Hiri
Ø Menguraikan pengertian Ottappa
Ø Menerangkan alasan bahwa Hiri dan Ottappa merupakan Dhamma pelindung dunia (Loka pala Dhamma)
Ø Menjelaskan Hiri dan Ottappa sebagai faktor pendukung terlaksananya Sila dengan baik
Ø Menjelaskan Manfaat melaksanakan Hiri dan Ottappa

C2
C2

C2



C2



C2



v  Pengertian Hiri
v  Pengertian Ottappa

v  Alasan bahwa Hiri dan Ottappa merupakan Dhamma pelindung dunia (Loka pala Dhamma)

v  Hiri dan Ottappa sebagai faktor pendukung terlaksananya Sila dengan baik

v  Manfaat  melaksanakan Hiri dan Ottappa




































90







ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8
3.      Memahami hukum dharma
3.1  Mendeskripsikan hukum kebenaran sebagai hukum alam

C3
















Ø Menyebutkan macam-macam hukum kebenaran
Ø  Menguraikan pengertian hukum kebenaran
Ø Menjelaskan ruang lingkup berlakunya hukum kebenaran
Ø Membandingkan perbedaan hukum kebenaran dengan hukum yang dibuat manusia
Ø Menyimpulkan Manfaat belajar hukum kebenaran

C1

C2

C2

C2


C2




v  Macam-macam hukum Kebenaran

v  Pengertian hukum Kebenaran

v  Ruang lingkup berlakunya hukum Kebenaran
v  Perbedaan hukum kebenaran dengan hukum yang dibuat manusia

v  Manfaat belajar hukum kebenaran



































90









ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8

3.2  Menguraikan hukum kebenaran universal

C2
















Ø Menyebutkan isi atau bagian dari Hukum-hukum Kesunyataan
Ø Menerangkan  Hukum Cattari Arya Saccani
Ø Menjabarkan Hukum Kamma dan Punarbhava
Ø Menjelaskan konsep Hukum Tilakkhana
Ø Menjelaskan isi Hukum Paticcasamuppada

C1


C2

C2

C2

C2



v  Isi atau bagian dari Hukum-hukum Kesunyataan

v   Hukum Cattari Arya Saccani

v   Hukum Kamma dan Punarbhava

v  Konsep Hukum Tilakkhana

v  Isi  Hukum Paticcasamuppada






























135









ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8

3.3  Mengenali proses kerja hukum kebenaran

C1
















Ø Mempelajari hukum Kebenaran
Ø Menyebutkan macam-macam hukum kebenaran
Ø Menguraikan pengertian Utu Niyama
Ø Menerangkan Bija Niyama
Ø Menjelaskan Kamma Niyama
Ø Menjelaskan Citta Niyama
Ø Menjelaskan Dhamma Niyama

C1

C1

C2

C2
C2
C2
C2


v  Hukum Kebenaran

v  Macam-macam hukum kebenaran

v  pengertian Utu Niyama

v  Bija Niyama
v  Kamma Niyama
v  Citta Niyama
v  Dhamma Niyama

























90









ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8
4.      Mengkontruksi sikap umat Buddha terhadap lingkungan
4.1  Menjelaskan wawasan ekosistem dan kesalingtergantungan
C2
















Ø Menjabarkan definisi ekosistem
Ø Menyebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam Ekosistem
Ø Menguraikan pengertian benda hidup dan benda mati
Ø Menjelaskan bahwa manusia saling berketergantungan di dalam suatu ekosistem
Ø Menjelaskan pandangan agama Buddha terhadap ekosistem

C2

C1


C2

C2


C2



v Definisi ekosistem

v Unsur-unsur yang terdapat dalam ekosistem

v Pengertian benda hidup dan benda mati

v Bahwa manusia saling berketergantungan di dalam suatu ekosistem
v Pandangan agama buddha terhadap ekosistem
































90







ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8

4.2  Menjelaskan tanggung jawab manusia terhadap sesama,keluarga dan masyarakat
C2
















Ø Menjabarkan isi yang terkandung di dalam Sigalovada  Sutta
Ø Mencontohkan kewajiban anak kepada orang tua
Ø Menjelaskan kewajiban orang tua kepada anak
Ø Menjelaskan kewajiban murid kepada guru
Ø Menjelaskan kewajiban guru kepada murid
Ø Menjelaskan kewajiban anggota masyarakat terhadap masyarakat lainnya
C2


C2

C2

C2

C2

C2


v  Isi yang terkandung di dalam Sigalovada  Sutta

v  Kewajiban anak kepada orang tua

v  Kewajiban orang tua kepada anak

v  Kewajiban murid kepada guru

v  Kewajiban guru kepada murid

v  Kewajiban anggota masyarakat terhadap masyarakat lainnya








































135







ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8

4.3  Mendeskripsikan kesetiakawanan sosial dalam agama Buddha

C3
















Ø Menjelaskan pengertian kesetiakawanan sosial
Ø Menunjukkan kesetiakawanan sosial menurut  agama Buddha
Ø Menunjukkan wujud nyata sebagai praktik dari kesetiakawanan sosial
Ø Mencontokan sikap kesetiakawanan dalam masyarakat
Ø Mempraktekan rasa kesetiakawanan sosial dalam kehidupan sehari-hari

C2

C1


C1


C2


C3



v Pengertian Kesetiakawanan Sosial

v Kesetiakawanan menurut agama Buddha

v Wujud nyata sebagai praktik dari kesetiakawanan sosial

v Sikap kesetiakawanan dalam masyarakat

v Rasa kesetiakawanan sosial dalam kehidupan sehari-hari






























90







ANALISIS SI/SKL/SK-KD

Nama Sekolah             : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester            : XI / 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
-
KD
Indikator
THP
-
IND
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8

4.4  Mejelaskan tanggung jawab manusia terhadap dunia

C2














Ø Menguraikan pengertian tanggung jawab
Ø Menerangkan contoh tanggung jawab dalam masyarakat
Ø Menjelaskan pengertian tanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain
Ø Menjelaskan hubungan timbal balik antara  tanggung jawab diri sendiri dengan tanggung jawab terhadap orang lain.
Ø Menjelaskan akibat dari tidak melaksanakan tanggung jawab

C2

C2


C2


C2


C2

v  Pengertian tanggung jawab

v  Contoh tanggung jawab dalam masyarakat

v  Pengertian tanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain

v  Hubungan timbal balik antara  tanggung jawab diri sendiri dengan tanggung jawab terhadap orang lain
v  Akibat dari tidak melaksanakan tanggung jawab




























90









RUANG LINGKUP:
1.       Melalui pengajaran yang didasarkan pada Kurikulum Pendidikan Agama Buddha, anak didik tingkat Sekolah Menengah Atas diharapkan menyelami proses transformasi informasi nilai-nilai kehidupan berdasarkan Buddha Dharma sesuai dengan tingkat kemampuan yang dipelajari pada tiap jenjangnya.
2.       Fokus Kurikulum Pendidikan Agama Buddha adalah menyoroti kehidupan manusia sebagai pusat kehidupannya dan Triratna (Buddha, Dhamma, Sangha) sebagai teladan dan pelindung serta menjadikan tripitaka sebagai sumber ajaran Buddha.
3.       Berdasarkan hasi yang akan dicapai pada tingkat Sekolah Menengah Atas diharapkan dapat membimbing siswa untuk memahami nilai-nilai keagamaan sesuai Buddha Dharma dan sekaligus dapat mengeksperikan Dharma dalam perilaku kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat belajar memahami, menganalisis dan mempraktikkannya.
4.       Pada jenjang Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atasdiperkenalkan komponen-kompponen : (1) sejarah, (2) Keyakinan (Saddha), (3) Perilaku/moral (Sila), (4) Kitab Suci Agama Buddha (Tripitaka), (5)Meditasi (Samadhi), (6) Kebijaksanaan (Panna). Keenam aspek tersebut dalam penjabarannya disesuaikan dengan kemampuan dasar yang diharapkan pada masa jenjang pendidikan.
5.       Seluruh rangkaian kurikulum pendidikan Agama Buddha dari tingkat Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas adalah pendidikan agama Buddha yang menjadikan pedoman bagi peserta didik.

No comments:

Post a Comment