PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Nama : BUDIONO
NPM : 2014101008
Sekolah : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
1.
Memahami manfaat puja dan kekuatan doa
|
1.1
Menjelaskan makna dan manfaat puja serta doa
|
Ø
Menjelaskan makna puja
Ø
Menyebutkan sarana puja
Ø
Menjelaskan makna sarana puja
Ø
Menjelaskan manfaat puja
Ø
Menjelaskan perbedaan antara doa menurut agama Buddha dengan doa menurut
pandangan umum
|
√
√
√
√
√
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah : SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
1.2
Mendeskripsikan sejarah dan petunjuk tentang puja
|
Ø
Menelusuri
sejarah Amisa Puja
Ø
Menguraikan
sejarah Puja pada jaman Sang Buddha
Ø
Membandingkan
Perbedaan Puja pada jaman Sang Buddha dengan Puja pada jaman sekarang
Ø
Menjelaskan
sarana Puja setelah Sang Buddha Parinibbana
Ø
Menjelaskan
sejarah Puja di Indonesia
|
√
√
√
√
√
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah :
SMA N ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI/Ganjil
Tahun Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
1.3
Mengidentifikasi praktik puja terkait dengan budaya
|
Ø
Membandingkan
perbedaan Puja dengan Budaya
Ø
Mengemukakan
pengaruh budaya jawa tehadap praktik Puja
Ø
Menjelaskan pengaruh Budaya Cina terhadap Puja
Ø
Menjelaskan
praktik Puja dengan pengaruh budaya daerah lainnya
Ø
Menyimpulkan
manfaat praktik puja
|
√
√
√
√
√
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI/Ganjil
Tahun Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
1.4
Menjelaskan praktik puja dalam hari-hari raya Agama Buddha
|
Ø
Menceritakan
hari raya Waisak
Ø
Menguraikan
makna hari raya Waisak
Ø
Menjelaskan
hari raya Asadha
Ø
Menjelaskan
hari raya Kathina
Ø
Menjabarkan
hari raya Magha Puja
Ø
Mempraktikan
Puja pada hari-hari besar agama Buddha
|
√
√
√
√
√
√
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI/Ganjil
Tahun Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
2.
Mengembangkan etika-moral dalam agama buddha
|
2.1
Mendeskripsikan sila sebagai bagian dari Jalan Mulia Berunsur Delapan
|
Ø
Menjabarkan pengertian Sila
Ø
Menyebutkan Sila yang terdapat dalam Jalan Mulia
Berunsur Delapan
Ø
Mencontohkan perbuatan benar dalam kehidupan
sehari-hari
Ø
Menerangkan arti ucapan benar
Ø
Menjelaskan arti mata pencaharian benar
|
√
√
√
√
√
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI/Ganjil
Tahun Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
2.2
Merumuskan manfaat sila dan vinaya sebagai sumber nilai dalam agama
Buddha
|
Ø
Membedakan antara Sila dengan Vinaya
Ø
Menjabarkan perbedaan Vinaya untuk Bhukkhu/
Bhikkhuni dengan Sila untuk umat awam
Ø
Menguraikan pengertian Vinaya
Ø
Menjelaskan Vinaya bagi Bhikkhu dan
Bhikkhuni
Ø
Menjelaskan manfaat melaksanakan Vinaya
bagi para Bhikkhu dan Bhikkhuni
Ø Menyimpulkan
manfaat Sila bagi umat awam
|
√
√
√
√
√
√
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI/Ganjil
Tahun Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
2.3
Menjelaskan pembagian sila
|
Ø Menyebutkan
pembagian Sila menurut jenisnya
Ø Menjabarkan
pembagian Sila menurut pelaksanaannya
Ø Menguraikan
pembagian Sila menurut jumlah latihannya
Ø Mejelaskan
sila menurut jenis orang yang melaksanakanya
Ø Melatih
Lima Sila dalam kehidupan sehari-hari
|
√
√
√
√
√
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI/Ganjil
Tahun Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
2.4
Menjelaskan prinsip-prinsip normatif serta kriteria baik dan buruk
|
Ø Menjabarkan
pengertian Hiri
Ø Menguraikan
pengertian Ottappa
Ø Menerangkan
alasan bahwa Hiri dan Ottappa merupakan Dhamma pelindung dunia (Loka pala Dhamma)
Ø Menjelaskan
Hiri dan Ottappa sebagai faktor pendukung terlaksananya Sila dengan baik
Ø
Menjelaskan Manfaat melaksanakan Hiri dan
Ottappa
|
√
√
√
√
√
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI/Genap
Tahun Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
3.
Memahami hukum dharma
|
3.1
Mendeskripsikan hukum kebenaran sebagai hukum alam
|
Ø Menyebutkan macam-macam hukum kebenaran
Ø Menguraikan pengertian hukum kebenaran
Ø Menjelaskan ruang lingkup berlakunya hukum kebenaran
Ø
Membandingkan perbedaan hukum kebenaran dengan hukum yang
dibuat manusia
Ø
Menyimpulkan Manfaat belajar hukum kebenaran
|
√
√
√
√
√
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI/Genap
Tahun Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
1.
|
3.2
Menguraikan hukum kebenaran universal
|
Ø Menyebutkan isi atau bagian dari Hukum-hukum
Kesunyataan
Ø Menerangkan Hukum Cattari Arya Saccani
Ø Menjabarkan Hukum
Kamma dan Punarbhava
Ø Menjelaskan konsep
Hukum Tilakkhana
Ø Menjelaskan isi Hukum
Paticcasamuppada
|
√
√
√
√
√
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI/Genap
Tahun Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
3.3
Mengenali proses kerja hukum kebenaran
|
Ø Mempelajari
hukum Kebenaran
Ø Menyebutkan
macam-macam hukum kebenaran
Ø Menguraikan pengertian
Utu Niyama
Ø Menerangkan Bija
Niyama
Ø Menjelaskan Kamma
Niyama
Ø Menjelaskan Citta
Niyama
Ø Menjelaskan Dhamma
Niyama
|
√
√
√
√
√
√
√
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI/Genap
Tahun Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
4.
Mengkontruksi sikap umat Buddha terhadap lingkungan
|
4.1
Menjelaskan wawasan ekosistem dan kesalingtergantungan
|
Ø Menjabarkan
definisi ekosistem
Ø Menyebutkan
unsur-unsur yang terdapat dalam Ekosistem
Ø Menguraikan pengertian
benda hidup dan benda mati
Ø Menjelaskan bahwa
manusia saling berketergantungan di dalam suatu ekosistem
Ø Menjelaskan pandangan
agama Buddha terhadap ekosistem
|
√
√
√
√
√
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI/Genap
Tahun Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
4.2
Menjelaskan tanggung jawab manusia terhadap sesama,keluarga dan
masyarakat
|
Ø Menjabarkan isi yang
terkandung di dalam Sigalovada Sutta
Ø Mencontohkan kewajiban
anak kepada orang tua
Ø Menjelaskan kewajiban
orang tua kepada anak
Ø Menjelaskan kewajiban
murid kepada guru
Ø Menjelaskan kewajiban
guru kepada murid
Ø Menjelaskan kewajiban
anggota masyarakat terhadap masyarakat lainnya
|
√
√
√
√
√
√
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI/Genap
Tahun Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
1.
|
4.3
Mendeskripsikan kesetiakawanan sosial dalam agama Buddha
|
Ø Menjelaskan pengertian
kesetiakawanan sosial
Ø Menunjukkan
kesetiakawanan sosial menurut agama
Buddha
Ø Menunjukkan wujud
nyata sebagai praktik dari kesetiakawanan sosial
Ø Mencontokan sikap
kesetiakawanan dalam masyarakat
Ø Mempraktekan rasa
kesetiakawanan sosial dalam kehidupan sehari-hari
|
√
√
√
√
√
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI
DASAR, INDIKATOR DAN ASPEK PENILAIAN
Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI/Genap
Tahun Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
|
Konsep
|
Penerapan
|
||||
4.4
Mejelaskan tanggung jawab manusia terhadap dunia
|
Ø Menguraikan pengertian tanggung jawab
Ø Menerangkan contoh tanggung jawab
dalam masyarakat
Ø Menjelaskan pengertian tanggung jawab kepada diri
sendiri dan orang lain
Ø Menjelaskan hubungan timbal balik antara tanggung jawab diri sendiri dengan tanggung
jawab
terhadap orang lain.
Ø Menjelaskan akibat dari tidak melaksanakan tanggung jawab
|
√
√
√
√
√
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
1.
Memahami manfaat puja dan kekuatan doa
|
1.1
Menjelaskan makna dan manfaat puja serta doa
|
C 2
|
Ø
Menjelaskan makna puja
Ø
Menyebutkan sarana puja
Ø
Menjelaskan makna sarana puja
Ø
Menjelaskan manfaat puja
Ø
Menjelaskan perbedaan antara doa menurut agama Buddha dengan doa menurut
pandangan umum
|
C2
C1
C2
C2
C2
|
v
Makna puja
v
Sarana puja
v
Makna sarana puja
v
Manfaat puja
v
Perbedaan doa dalam agama Buddha dengan doa secara umum
|
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
1.2 Mendeskripsikan sejarah dan petunjuk
tentang puja
|
C3
|
Ø
Menelusuri
sejarah Amisa Puja
Ø
Menguraikan
sejarah Puja pada jaman Sang Buddha
Ø
Membandingkan
Perbedaan Puja pada jaman Sang Buddha dengan Puja pada jaman sekarang
Ø
Menjelaskan
sarana Puja setelah Sang Buddha Parinibbana
Ø
Menjelaskan
sejarah Puja di Indonesia
|
C1
C2
C2
C2
C2
|
v
Sejarah Amisa Puja
v
Sejarah Puja pada jaman Sang
Buddha
v
Perbedaan Puja
pada jaman Sang Buddha dengan Puja pada jaman sekarang
v
Sarana puja setelah sang Buddha Parinibbana
v
Sejarah puja di Indonesia
|
ü
ü
|
√
√
√
|
90
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
1.3
Mengidentifikasi praktik puja terkait dengan budaya
|
C1
|
Ø
Membandingkan
perbedaan Puja dengan Budaya
Ø
Mengemukakan
pengaruh budaya jawa tehadap praktik Puja
Ø
Menjelaskan pengaruh Budaya Cina terhadap Puja
Ø
Menjelaskan
praktik Puja dengan pengaruh budaya daerah lainnya
Ø
Menyimpulkan
manfaat praktik puja
|
C2
C2
C2
C2
C2
|
v
Perbedaan puja dengan Budaya
v
Pengaruh budaya Jawa terhadap Praktik puja
v
Pengaruh
Budaya Cina terhadap Puja
v
Praktik puja dengan pengaruh Budaya daerah lainya
v
Manfaat
praktik puja
|
√
√
√
√
√
|
135
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
1.4
Menjelaskan praktik puja dalam hari-hari raya Agama Buddha
|
C2
|
Ø
Menceritakan
hari raya Waisak
Ø
Menguraikan
makna hari raya Waisak
Ø
Menjelaskan
hari raya Asadha
Ø
Menjelaskan
hari raya Kathina
Ø
Menjabarkan
hari raya Magha Puja
Ø
Mempraktikan
Puja pada hari-hari besar agama Buddha
|
C1
C2
C2
C2
C2
C3
|
v
Hari raya Waisak
v
Makna
hari raya Waisak
v
Hari raya Asadha
v
Hari raya Kathina
v
Hari raya Magha Puja
v
Puja pada hari-hari besar agama Buddha
|
√
√
√
√
√
√
|
135
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
2.
Mengembangkan etika-moral dalam agama buddha
|
2.1
Mendeskripsikan sila sebagai bagian dari Jalan Mulia Berunsur Delapan
|
C2
|
Ø
Menjabarkan pengertian Sila
Ø
Menyebutkan Sila yang terdapat dalam Jalan Mulia
Berunsur Delapan
Ø
Mencontohkan perbuatan benar dalam kehidupan
sehari-hari
Ø
Menerangkan arti ucapan benar
Ø
Menjelaskan arti mata pencaharian benar
|
C2
C1
C2
C2
C2
|
v
Pengertian Sila
v
Sila yang terdapat dalam Jalan Mulia Berunsur Delapan
v
Perbuatan benar dalam kehidupan
sehari-hari
v
Arti ucapan benar
v
Mata pencaharian benar
|
√
|
√
√
√
√
|
90
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
2.2 Merumuskan manfaat sila dan vinaya
sebagai sumber nilai dalam agama Buddha
|
C5
|
Ø
Menyebutkan perbedaan Sila dengan Vinaya
Ø
Menjabarkan perbedaan Vinaya untuk Bhukkhu/
Bhikkhuni dengan Sila untuk umat awam
Ø
Menguraikan pengertian Vinaya
Ø
Menjelaskan Vinaya bagi Bhikkhu dan
Bhikkhuni
Ø
Menjelaskan manfaat melaksanakan Vinaya
bagi para Bhikkhu dan Bhikkhuni
Ø
Menyimpulkan manfaat Sila bagi umat awam
|
C2
C2
C2
C2
C2
C4
|
v Sila Dan
Vinaya
v
Perbedaan Vinaya untuk Bhikkhu/ Bhikkhuni Dengan
Sila Untuk Umat Awam
v Pengertian Vinaya
v Vinaya bagi
Bhikkhu Dan Bhikkhuni
v Manfaat
Melaksanakan Vinaya Bagi Para Bhikkhu dan Bhikkhuni
v Manfaat
Sila Bagi Umat Awam
|
√
√
|
√
√
√
|
135
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
2.3
Menjelaskan pembagian sila
|
C2
|
Ø Menyebutkan
pembagian Sila menurut jenisnya
Ø Menjabarkan
pembagian Sila menurut pelaksanaannya
Ø Menguraikan
pembagian Sila menurut jumlah latihannya
Ø Mejelaskan
sila menurut jenis orang yang melaksanakanya
Ø Melatih
Lima Sila dalam kehidupan sehari-hari
|
C1
C2
C2
C2
C3
|
v Pembagian
Sila menurut jenisnya
v Pembagian
Sila menurut pelaksanaannya
v Pembagian
Sila menurut jumlah latihannya
v Sila
menurut jenis orang yang melaksanakanya
v Lima Sila
dalam kehidupan sehari-hari
|
√
|
√
√
√
√
√
|
90
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
2.4
Menjelaskan prinsip-prinsip normatif serta kriteria baik dan buruk
|
C2
|
Ø Menjabarkan
pengertian Hiri
Ø Menguraikan
pengertian Ottappa
Ø Menerangkan
alasan bahwa Hiri dan Ottappa merupakan Dhamma pelindung dunia (Loka pala Dhamma)
Ø Menjelaskan
Hiri dan Ottappa sebagai faktor pendukung terlaksananya Sila dengan baik
Ø
Menjelaskan Manfaat melaksanakan Hiri dan
Ottappa
|
C2
C2
C2
C2
C2
|
v
Pengertian Hiri
v Pengertian Ottappa
v
Alasan bahwa Hiri dan Ottappa merupakan
Dhamma pelindung dunia (Loka pala
Dhamma)
v Hiri dan
Ottappa sebagai faktor pendukung terlaksananya Sila dengan baik
v
Manfaat
melaksanakan Hiri dan Ottappa
|
√
|
√
√
√
|
√
|
90
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
3.
Memahami hukum dharma
|
3.1
Mendeskripsikan hukum kebenaran sebagai hukum alam
|
C3
|
Ø Menyebutkan macam-macam hukum kebenaran
Ø Menguraikan pengertian hukum kebenaran
Ø Menjelaskan ruang lingkup berlakunya hukum kebenaran
Ø
Membandingkan perbedaan hukum kebenaran dengan hukum yang
dibuat manusia
Ø
Menyimpulkan Manfaat belajar hukum kebenaran
|
C1
C2
C2
C2
C2
|
v
Macam-macam hukum Kebenaran
v Pengertian hukum Kebenaran
v
Ruang lingkup berlakunya hukum Kebenaran
v
Perbedaan hukum kebenaran dengan hukum yang
dibuat manusia
v
Manfaat belajar hukum kebenaran
|
√
|
√
√
√
√
|
90
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
3.2
Menguraikan hukum kebenaran universal
|
C2
|
Ø Menyebutkan isi atau bagian dari Hukum-hukum
Kesunyataan
Ø Menerangkan Hukum Cattari Arya Saccani
Ø Menjabarkan Hukum
Kamma dan Punarbhava
Ø Menjelaskan konsep
Hukum Tilakkhana
Ø Menjelaskan isi Hukum
Paticcasamuppada
|
C1
C2
C2
C2
C2
|
v
Isi atau bagian dari Hukum-hukum Kesunyataan
v
Hukum Cattari
Arya Saccani
v
Hukum Kamma dan
Punarbhava
v
Konsep Hukum Tilakkhana
v
Isi Hukum
Paticcasamuppada
|
√
√
√
√
√
|
135
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
3.3
Mengenali proses kerja hukum kebenaran
|
C1
|
Ø Mempelajari
hukum Kebenaran
Ø Menyebutkan
macam-macam hukum kebenaran
Ø Menguraikan pengertian
Utu Niyama
Ø Menerangkan Bija
Niyama
Ø Menjelaskan Kamma
Niyama
Ø Menjelaskan Citta
Niyama
Ø Menjelaskan Dhamma
Niyama
|
C1
C1
C2
C2
C2
C2
C2
|
v Hukum
Kebenaran
v Macam-macam
hukum kebenaran
v
pengertian Utu Niyama
v
Bija Niyama
v
Kamma Niyama
v
Citta Niyama
v
Dhamma Niyama
|
√
|
√
|
√
√
√
√
√
|
90
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
4.
Mengkontruksi sikap umat Buddha terhadap lingkungan
|
4.1
Menjelaskan wawasan ekosistem dan kesalingtergantungan
|
C2
|
Ø Menjabarkan
definisi ekosistem
Ø Menyebutkan
unsur-unsur yang terdapat dalam Ekosistem
Ø Menguraikan pengertian
benda hidup dan benda mati
Ø Menjelaskan bahwa
manusia saling berketergantungan di dalam suatu ekosistem
Ø Menjelaskan pandangan
agama Buddha terhadap ekosistem
|
C2
C1
C2
C2
C2
|
v
Definisi ekosistem
v
Unsur-unsur yang terdapat dalam ekosistem
v
Pengertian benda hidup dan benda mati
v
Bahwa manusia saling berketergantungan di dalam suatu ekosistem
v Pandangan agama buddha
terhadap ekosistem
|
√
√
√
√
|
√
|
90
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
4.2
Menjelaskan tanggung jawab manusia terhadap sesama,keluarga dan
masyarakat
|
C2
|
Ø Menjabarkan isi yang
terkandung di dalam Sigalovada Sutta
Ø Mencontohkan kewajiban
anak kepada orang tua
Ø Menjelaskan kewajiban
orang tua kepada anak
Ø Menjelaskan kewajiban
murid kepada guru
Ø Menjelaskan kewajiban
guru kepada murid
Ø Menjelaskan kewajiban
anggota masyarakat terhadap masyarakat lainnya
|
C2
C2
C2
C2
C2
C2
|
v Isi yang terkandung di
dalam Sigalovada Sutta
v Kewajiban anak kepada
orang tua
v Kewajiban orang tua
kepada anak
v Kewajiban murid kepada
guru
v Kewajiban guru kepada
murid
v Kewajiban anggota
masyarakat terhadap masyarakat lainnya
|
√
√
√
|
√
√
|
135
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
4.3
Mendeskripsikan kesetiakawanan sosial dalam agama Buddha
|
C3
|
Ø Menjelaskan pengertian
kesetiakawanan sosial
Ø Menunjukkan
kesetiakawanan sosial menurut agama
Buddha
Ø Menunjukkan wujud
nyata sebagai praktik dari kesetiakawanan sosial
Ø Mencontokan sikap
kesetiakawanan dalam masyarakat
Ø Mempraktekan rasa
kesetiakawanan sosial dalam kehidupan sehari-hari
|
C2
C1
C1
C2
C3
|
v
Pengertian Kesetiakawanan Sosial
v
Kesetiakawanan menurut agama Buddha
v
Wujud nyata sebagai praktik dari kesetiakawanan sosial
v
Sikap kesetiakawanan dalam masyarakat
v
Rasa kesetiakawanan sosial dalam kehidupan sehari-hari
|
√
√
|
√
√
√
|
90
|
ANALISIS SI/SKL/SK-KD
Nama Sekolah :
SMA N 01 ANAK RATU AJI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
-
KD
|
Indikator
|
THP
-
IND
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
4.4
Mejelaskan tanggung jawab manusia terhadap dunia
|
C2
|
Ø
Menguraikan
pengertian tanggung jawab
Ø
Menerangkan contoh tanggung jawab dalam masyarakat
Ø
Menjelaskan
pengertian tanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain
Ø
Menjelaskan
hubungan timbal balik antara tanggung
jawab diri sendiri dengan tanggung jawab terhadap orang lain.
Ø
Menjelaskan
akibat dari tidak melaksanakan tanggung jawab
|
C2
C2
C2
C2
C2
|
v
Pengertian
tanggung jawab
v
Contoh tanggung jawab dalam masyarakat
v
Pengertian
tanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain
v
Hubungan
timbal balik antara tanggung jawab
diri sendiri dengan tanggung jawab terhadap orang lain
v
Akibat dari
tidak melaksanakan tanggung jawab
|
√
√
√
|
√
√
|
90
|
RUANG LINGKUP:
1.
Melalui
pengajaran yang didasarkan pada Kurikulum Pendidikan Agama Buddha, anak didik
tingkat Sekolah Menengah Atas diharapkan menyelami proses
transformasi informasi nilai-nilai kehidupan berdasarkan Buddha Dharma sesuai
dengan tingkat kemampuan yang dipelajari pada tiap jenjangnya.
2.
Fokus
Kurikulum Pendidikan Agama Buddha adalah menyoroti kehidupan manusia sebagai
pusat kehidupannya dan Triratna (Buddha, Dhamma, Sangha) sebagai teladan dan
pelindung serta menjadikan tripitaka sebagai sumber ajaran Buddha.
3.
Berdasarkan
hasi yang akan dicapai pada tingkat Sekolah Menengah Atas diharapkan dapat
membimbing siswa untuk memahami nilai-nilai keagamaan sesuai Buddha Dharma dan
sekaligus dapat mengeksperikan Dharma dalam perilaku kehidupan sehari-hari
sehingga siswa dapat belajar memahami, menganalisis dan
mempraktikkannya.
4.
Pada
jenjang Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atasdiperkenalkan
komponen-kompponen : (1) sejarah, (2) Keyakinan (Saddha), (3) Perilaku/moral
(Sila), (4) Kitab Suci Agama Buddha (Tripitaka), (5)Meditasi (Samadhi), (6)
Kebijaksanaan (Panna). Keenam aspek tersebut dalam penjabarannya disesuaikan
dengan kemampuan dasar yang diharapkan pada masa jenjang pendidikan.
5.
Seluruh
rangkaian kurikulum pendidikan Agama Buddha dari tingkat Sekolah Dasar sampai
dengan Sekolah Menengah Atas adalah pendidikan agama Buddha yang menjadikan
pedoman bagi peserta didik.
No comments:
Post a Comment